Minggu, 20 Juni 2021

TUGAS MANDIRI 6 ~ ORGANISASI DAN SISTEM KOMPUTER KAMPUS MILENIAL ITBI

 Nama: Mega Lidia Lubis

Kelas :Pagi

Jurusan : Teknik informatika

Soal

1).Jelaskan pengertian set instruksi dalam ilmu komputer!

2). Sebutkan operasi set instruksi untuk arithmetic beserta fungsinya!

3). Selesaikan 3 alamat assembly Dan hitung jumlah operasinya!

  1. (AxD)/(B-C)+E
  2. A/B-D/E+C
  3. A/(B-D)+C
  4. A/(B-D+C)
  5. A+B/(C+D)xE

4). Jelaskan perbedaan translator compiler Dan translator interpreter!

5). Jelaskan fase-fase dari sebuah proses compilasi!

Jawab:

1).Set instruksi adalah suatu perintah yang diberikan kepada sebuah PC ataupun CPU guna menjalankan  sebuah OS ( Operating System ) dari suatu CPU  tersebut.Set instruksi juga biasanya digunakan untuk  perantara komunikasi dari programmer menuju  mesin, set instruksi biasanya berupa bahasa mesin  yang digunakan sebagai jembatan komunikasi antara  manusia dengan komputer.

Menurut sumber lain, set instruksi didefinisikan sebagai suatu aspek dalam arsitektur komputer yang dapat dilihat oleh para pemrogram. Set instruksi adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat dimengerti oleh sebuah CPU. Set instruksi juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karena aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly.

2).Tindakan CPU untuk melakukan operasi arithmetic:

a. Transfer data sebelum atau sesudah

b. Melakukan fungsi dalam ALU

c. Menset kode-kode kondisi dan flag

Operasi set instruksi untuk arithmetic:

1. ADD : penjumlahan

2. SUBTRACT : pengurangan

3. MULTIPLY : perkalian

4. DIVIDE : pembagian

Dan untuk nomor 5 sampai 8 merupakan instruksi operand tunggal

5. ABSOLUT

6. NEGATIVE

7. DECREMENT

8. INCREMENT


3).Gunakan register alamat: A, B, C, D, E. Register yang menyimpan hasil: T, Y

1) (A × D)/(B – C)+E

· MPY T, A, D ⟶ T := A × D

SUB Y, B, C ⟶ Y := B - C

DIV Y, T, Y ⟶ Y := T / Y

ADD Y, Y, E ⟶ Y := Y + E

Memerlukan 4 kali operasi


2) A / B – D/ E + C

· DIV Q, A, B ⟶ Q := A / B

DIV P, D, E ⟶ P := D / E

SUB P, Q, P ⟶ P := Q-P

ADD P, P, C ⟶ P := P + C

Memerlukan 4 kali operasi


3) A / (B – D)+C

· Y = A / (B – D) + C

SUB E, B, D ⟶ E := B - D

DIV E, A, E ⟶ E := A / E

ADD E, E, C ⟶ E := E + C

Memerlukan 3 kali operasi


4) A / (B – D + C)

· Y = A / (B – D + C)

ADD N, D, C ⟶ N := D + C

SUB N, B, N ⟶ N := B - N

DIV N, A, N ⟶ N := A / N

Memerlukan 3 kali operasi


5) A + B / (C + D) × E

· Y = A + B / (C + D) × E

ADD Y, C, D Y := C + D (1)

DIV Y, B, Y Y := B / Y (2)

ADD Y, A, Y Y := A + Y (3)

MPY Y, Y, E Y := Y × E (4)

Memerlukan 4 kali operasi



4).perbedaan translator compiler dan translator interpreter:

  1. Compiler bisa menangkap berbagai kesalahan dalam 1 program kode sumber sekaligus. Sedangkan interpreter cuma bisa menangkap beberapa kesalahan pada 1 baris kode sumber pada suatu saat
  2. Biasanya program yang dihasilkan compiler lebih cepat dari waktu pelaksanaan program dengan interpreter
  3. Kalau compiler menghasilkan kode antara (misal object kode) dan harus digabungkan/delink menjadi bentuk yang dapat dijalankan mesin/komputer (executable). Sedangkaan interpreter biasanya tidak menghasilkan kode antara
  4. Saat menjalankan program hasil kompilasi bisa dilakukan tanpa kode sumber. Namun, interpreter butuh kode sumber
  5. Pada compiler, pembuatan kode yang bisa dijalankan mesin dilakukan dalam 2 tahap terpisah, yaitu parsing/pembuatan kode objek linking/penggabungan kode objek dengan library. Untuk interpreter tidak ada proses terpisah
  6. Jika compiler membutuhkan linker untuk menggabungkan kode objek dengan berbagai macam library demi menghasilkan suatu kode yang bisa dijalankan oleh mesin, maka interpreter tidak butuh linker
  7. Interpreter cocok untuk membuat atau menguji coba modul. Tetapi untuk compiler agak cukup repot karena untuk mengubah suatu modul atau kode objek kecil, maka harus dilakukan proses linking atau penggabungan kembali semua objek dengan library yang diperlukan

5).fase-fase dari sebuah proses compilasi:

Penjelasan:

1).Penganalisa Leksikal

Membaca program sumber, karakter demi karakter. Sederetan satu atau lebih karakter dikelompokkan menjadi satu kesatuan mengacu pada pola kesatuan kelompok karakter (token) yang ditentukan dalam bahasa sumber. Kelompok karakter yang membentuk sebuah token dinamakan lexeme untuk token tersebut. Setiap token yang dihasilkan disimpan di dalam table symbol. Sederetan karakter yang tidak mengikuti pola token akan dilaporkan sebagai token tak dikenal (unidentified token)

2).Penganalisa Sintaks

  Memeriksa kesesuaian pola deretan token dengan aturan sintaks yang ditentukan dalam bahasa sumber. Sederetan token yang tidak mengikuti aturan sintaks akan dilaporkan sebagai kesalahan sintaks (sintx error). Secara logika deretan token yang bersesuaian dengan sintaks tertentu akan dinyatakan sebagai pohon parsing (parse tree)

3).Penganalisa Semantik

 Memeriksa apakah token an ekspresi dari batasan-batasan yang ditetapkan. Batasan-batasan tersebut misalnya:

a. Panjang maksimum token identifier adalah 8 karakter

b. Panjang maksimum ekspresi tungal adalah 80 karakter

c. Nilai bilangan bulat adalah -32768 s/d 32767

d. Operasi aritmatika harus melibatkan operan-operan yang bertipe sama

4)Pembangkit Kode Antara

Membangkitkan kode antara (intermediate code) berdasarkan pohon parsing. Pohon parse selanjutnya diterjemahkan oleh suatu penerjemah yang dinamakan penerjemah berdasarkan sintx (syntax-directed translator). Hasil penerjemahan ini biasanya merupakan perintah tiga alamat (three-address code) yang merupakan representasi program untuk suatu mesin abstrak. Perintah tiga alamat bisa berbentuk quadruples (op, arg1, arg2, result), tripels (op, arg1, arg2). Ekspresi dengan satu argument dinyatakan dengan menetapkan arg2 dengan – (strip, dash)

5).Pengoptimal kode

Melakukan optimasi (penghematan space dan waktu komputasi), jika mungkin terhadap kode antara

6).Pembangkit Kode Mesin

Membangkitkan kode dalam bahasa target tertentu (misalnya bahasa mesin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS ~ ORGANISASI DAN SISTEM KOMPUTER

TEKNIK INFORMATIKA KAMPUS MILENIAL ITB INDONESIA😇😇   Nama: Mega Lidia Lubis Kelas :Pagi Jurusan : Teknik informatika   1).Jelaskan pen...